Kamis, 18 Agustus 2011

Hard and Rocky Way to State University (4)


ENG ING EEENGG.. ini dia jalur ke-empat yang bikin jantung empot-empotan dan hasilnya bikin jantung mau copooott!

4. SNMPTN jalur Utul (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri jalur Ujian Tulis)

Bisa dibilang persiapanku buat nempuh ujian ini agak terlambat. Aku ikut bimbel juga rada nelat soalnya pas aku masuk, pelajarannya udah nyampe paket 2, ada juga pelajaran yang udah nyampe paket 3. Tapi aku jalani aja. Di tempat bimbel deket gereja kotabaru ini, Senin sampe Jumat bimbel, Sabtu sama Minggu diadain try out gitu biar tau seberapa kemampuan kita.
Aku ikut bimbel yang siang, jam setengah satu! Gila kan? Jamnya orang-orang pada ngantuk tuh. Aku ga bisa milih yang pagi, soalnya kelas yang pagi udah penuh. Kali ini aku rajin bimbel. Cuma tiga kali ga masuk: Jumat ga masuk karena gladi wisuda, Sabtu ga masuk karena wisuda, dan Minggu soalnya ke gereja. Kelas bimbel ini cuma beberapa aja anak swasta, sisanya negeri. Dan oke, cowok2 anak2 negeri yang biasanya duduk di belakang tu ribut banget dah pas bimbel. Kayak nggak butuh bimbel *kalo ga butuh ya mending ga usah bimbel, iya gak?
Sampe kadang2 aku berharap mereka ga masuk *evil mode on*. Hari-hari sensi dan penuh perjuangan pun dimulai. Nggak pernah aku brenti berdoa biar tembus SNMPTN, walaupun aku udah punya cadangan swasta 1 (HI--UPN). Nah, yang bikin stres tu pas mau daftar & nyetak kartu ujian (lagi). Sampe aku mau nangis keinget gimana susahnya daftar PBUPD & takut hasilnya sama kayak PBUPD (hiiikksss). Fotoku ga muncul di kartu ujian padahal udah berkali-kali ku upload. Sampe tiga hari aku ga nemu jawaban kenapa itu foto ga muncul. Habis nanya sama temen & dibantu oleh penerangan Roh Kudus, aku mendapati bahwa fotoku harus DIKECILIN. Werewerrrr..
Oiya, SNMPTN utul pilihan jurusannya cuma dua. Setelah pikir2 seribu kali & liat hasil try out bimbelku, pilihan jurusannya ku ganti jadi Psikologi UGM sama Sastra Indonesia UGM. Pilihan kedua itu dateng karena aku inget cita2ku jaman SD yaitu belajar sastra Indonesia. Nah, dari pilihan kedua itu keyakinanku naik drastis kalo aku pasti tembus.
Aku ujian di gedung D3 ekonomi UGM. Disitu aku nggak kenal siapa-siapa, dan ibukku yang setia nungguin aku ujian bilang mendingan gitu biar bisa belajar. Kalo ada temen ntar malah ngobrol. Hehehe. Dua hari penentu itu bikin tidur ga nyenyak, begadang juga enggan. Tapi habis aku ngerjain SNMPTN hari pertama, malemnya aku mimpi ketemu sama kakak kelasku yang anak sastra Indonesia UGM & guru bahasa Indonesiaku. Kita ngobrol-ngobrol & tukeran buku2 sastra. Tapi aku coba lupain soalnya kadang2 mimpiku tu yang terjadi sebaliknya. Patah hati juga kalo aku ga tembus. Hehehe.
Soal-soal SNMPTN bener2 surprised banget dah. TPA beda banget sama yang dikasih di try out bimbel. Aku udah belajar dari buku lain & soalnya mirip2. Tapi itu belajarnya H -1 ujiaaan! Gilak! Dari 75 soal, aku cuma mampu ngerjain 50. Tapi aku yakin hampir semuanya bener. Trus tes kemampuan dasar juga bener2 nguras isi otak. Matematika cuma ngerjain 6, bahasa Inggris ada 3 yang ga ku kerjain, dan bahasa Indonesia ga ku isi 2. Bayangin men, waktunya cuma satu jam! wowowowooo..
Kemampuan IPS hampir semua bisa ku kerjain. Sumpah, aku sempet nyumpahin yang bikin soal :p abis bikin botak! Kalo aku stres tu rambutku rontok banyak banget soalnya.
Selesai SNMPTN, hari-hariku dipenuhi kata2 "OPTIMIS MASUK UGM". Nah, yang bikin semangatku agak down, ibuku bilang pas jemput aku habis ujian kalo aku mending coba jalur mandiri. HAH?! ya ampun ibuk sayang,, aku baru aja lega abis ujian ntar disuruh belajar lagi buat ujian mandiriii..
Pas aku liat2 PTN mana aja yang buka ujian mandiri, maaf bangett, aku kurang berminat. Masalahnya, aku ga punya keluarga di kota tempat PTN ituu. Temen dari Bontang pasti banyak, tapi sama aja kalo ga ada kerabat.. yah, dengan tidak menggubris saran ibukku & ga belajar buat ujian mandiri, akhirnya ortuku ngerti kalo aku bener2 optimis tembus SNMPTN.
Aku nunggu pengumuman sambil liburan di Bontang. Hari-hari penantianku aku isi dengan doa, doa, dan doa. Aku ga mau gagal lagi kayak kemaren. Aku novena Santo Yudas Tadeus yang terkenal keampuhannya itu. Dengan keyakinan, niat, dan doa, aku terusin keoptimisanku.
Malem sebelom hari pengumuman, sumpah aku ga bisa tidur. Guling-guling doank di kasur. Besok malemnya pukul 19.00 WITA, aku buka webnya SNMPTN tapi belom bisa lihat hasil soalnya itu pengumuman dibuka pukul 19.00 WIB. Nunggu sejam lagi. Wah satu rumah gempar banget dah. Aku ga berani liat komputer, ga mau makan, aku melungker di sofa dengan kuping ditutup & mata dipejam. Pas udah jamnya, bapak & adekku yang bukain. Aku kasih nomor pesertaku trus aku lari melungker lagi. Setelah sekian lama nunggu (webnya lemot, pasti banyak yang akses)....
SELAMAT, ANDA LULUS SNMPTN JALUR UJIAN TULIS/KETERAMPILAN 2011 DI SASTRA INDONESIA UGM
WAAAAAAAA...!!!! Aku cuma bisa teriak, loncat-loncat, teriak lagi, loncat lagi. Speechless, ga tau mau ngomong apa! Ini lebih dari yang aku pengen, ini yang aku butuhkan! Hahahaha.. Sekeluarga langsung berdoa ngucap syukur, karena doa2 yang selama ini diucapkan terkabul. Big thanks to my Jesus Christ, Saint Joseph, Saint Judas Thaddeus, and Mother Mary of course! Aku bener-bener seneng karena perjuanganku nggak sia-sia. :DD
Ada juga temen-temenku yang belum beruntung. Dan buat mereka aku berdoa supaya mereka ga patah semangat karena jalan hidup itu panjang & buanyak sekali jalan menuju Roma!
That's the happiest moment for me :)
memang harus lewat jalan yang berbatu & kerikil tajam untuk mencapai tujuan. Dan setelah badai airmata & petir menyambar, pasti ada pelangi! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar