Kamis, 16 Juni 2011

Hard and Rocky Way to State University (3)

Eh lah ternyata satu entri nggak cukup buat dua cerita. Ya udah, sekarang satu entri buat satu cerita. Lalala...
Yukayuk,, ke jalur ketigaaa...

3. SNMPTN Undangan (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
Dari informasi ortu, aku udah yakin kalo masuk kriteria buat ikut SNMPTN Undangan dari peringkatku di kelas 12 semester 1. Cumaaa, NISN-nya belom keluar dan itu lamaaaaaa banget. Ibuku heran soalnya temen-temenku di Bontang udah dapet dari dulu, bahkan udah ada yang nyetak kartu ujian! *weleh*
Akhirnye, keluar juga daftarnya dan namaku ada disitu. Kali ini temen deketku boleh bahagia karena namanya juga ada di daftar itu. Udah nggak sengak lagi deh sama aku... hahaha...!! Habis dapetin nomornya, aku langsung daftar. Tapi yang bikin bimbang dan ragu, jalur ini punya keistimewaan yaitu: peserta dapat memilih dua PTN, masing-masing dua jurusan. Pilihan pertama masih sama kayak PBS sama PBUPD (karena emang nggak boleh diubah), yaitu UGM; Psikologi & HI. Nah yang kedua ini bikin cenat-cenut bolak-balik log in-log out karena nggak tau mau daftar mana. Sempet pengen psikologi sama sastra Indonesia UI, tapi aku minder kok pilihan kedua malah UI. Muter-muter akhirnya milih Unpad; HI & sastra Jepang.
Habis daftar, hari-hariku dipenuhi doa-doa biar bisa tembus PBS sama SNMPTN undangan. Begitu juga temen-temenku yang lain, yang sama-sama 'kejaring' SNMPTN Undangan. Kami semua berharap bisa keterima. Sampai akhirnya pengumuman tiba. Jreng jreng jreeeeeng... pengumuman SNMPTN Undangan harinya sama kayak pengumuman PBS. Jadi habis doa malem bareng, aku buka web SNMPTN Undangan. Habis masukin nomer...............
Maaf, Anda belum berhasil dalam seleksi SNMPTN Jalur Undangan 2011
buka web PBS.......................................................................
Maaf saudara tidak diterima di jalur PBU UGM
Pertamanya aku mencoba tegar, tegar, tegar. Tapi pas ibuku telepon dan nada suaranya sedih, akhirnya aku NANGIS LAGI. Temenku juga ada yang nangis. Kami sama-sama nangis. Huaaaaa...
Pas aku liat status temen-temenku yang di Bontang, sebagian besar pasang status bahwa mereka udah tembus PTN. Ada yang PBS (huks), PBUPD (huaaaa!!!), dan SNMPTN Undangan (huhuhu). Sulit nerima kenyataan, tapi aku yakin ada banyak jalan untuk meraih cita-cita.
Pas aku ke Airport nganter ibu & adikku pulang ke Bontang, aku lihat koran dan aku bener-bener terkejut. Lebih dari 50 siswa SMA Negeri Sekian keterima di UGM jalur SNMPTN Undangan. WHAT?!!
Ketika mimpimu, yang begitu indah, belum terwujud, ya sudahlah.......
memang itu porsi mereka. Untungnya aku udah ikut bimbel SNMPTN.
Hah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar