Kamis, 18 Agustus 2011

Hard and Rocky Way to State University (5)

Wuhuuw! ini adalah jalan yang paling berkerikil tajam, men! Sampe aku nyumpah2 ga keruan, kebun binatang & pisuhan sopir truk keluar! hahaha..

5. PSSB Kemitraan Undip (Program Seleksi Siswa Berpotensi)

Jalur ini agak dadakan & diusulkan orangtuaku pas aku lagi di Bontang. Karena ada temenku ikut jalur ini, ortuku bilang aku ikut aja buat jaga2. Karena aku memenuhi syarat, aku iyain saran ortuku. Aku nelpon sekolah buat nanya ke wakasek kesiswaan, bisa ga sekolah bantu aku. Beliau bilang bisa, asal aku nunjukin syarat2nya ke sekolahan. Oke, akhirnya aku berangkat ke Jogja buat ngurus pendaftaran itu. Biaya pendaftaran udah dibayar, surat2 & penjelasan jalur itu udah aku print. Pokoknya aku tinggal nunggu surat dari sekolah & tanda tangan kepsek aja deh.
Nah, harinya buat ngirim berkas pendaftaran tu agak mepet. Jadi aku juga harus cepet2 nyelesein surat2nya. Nah, aku tu nggak ngerti ya kenapa wakasek itu kayak 'terganggu' sama permintaan tolongku. Pas diliat kalo syaratnya harus ada surat keterangan ranking, beliau bilang "Wah Undip ni ngerepotin aja. Daftar ranking 'kan sudah pernah diinput pas SNMPTN undangan." aku cengar-cengir aja, daripada nyenthe ntar malah digampar. Terus pas liat kalo sekolah mesti ngelampirin surat pengantar (padahal cuma selembar!), beliau bilang lagi "Wah ini namanya ngasih kerjaan ke sekolah!"
WHAT?! ya ampun.. cuma selembar, bu! saya ngeprint macem2 ini ada kali enam lembar! Saya toh nggak ngeluh.. ckckck
Trus si ibu wakasek bilang besok ke sekolah lagi, soalnya banyak kerjaan. Ya udah, aku pulang dengan tangan hampa. Sebenernya nggak hampa2 amat sih, soalnya aku sekalian legalisasi rapot & cap tiga jari gitu..
Besoknya pas ke sekolah, si ibu wakasek bilang kalo SURATNYA BELOM JADI!! Padahal dua hari lagi harus masuk tu berkas pendaftaran! Ya ampun ya ampun.. aku stres luar biasa. Mana kepala sekolahnya baru ntar sore pulang dari Papua! 'kan ada surat yang mesti di tanda tangani kepsek gitu. Dan sekolah cuma buka sampe jam setengah dua. Sumpah aku pengen banget nangis. Pas aku bilang kalo tenggatnya tinggal dua hari, beliau maki-maki aku gini, "Ini pekerjaan sekolah, saya nggak bisa bawa ke rumah! Kamu harus tau kalo saya sibuk! Jangan ngerjain saya begini donk!"
eh gilak! Siapa yang ngerjain to?? kalo aku nggak butuh ya aku tinggal aja. Trus beliau bilang gini, "Lha yang dulu PBUPD itu kenapa kamu nggak ikut?" langsung aku jawab "Kan ga dibolehin berangkat tes!" nyahok loe! Dulu aku ditakut-takutin kalo nekad ke Bontang. Sebenernya pengen aku tambahin, "Siapa suruh dulu saya nggak dibolehin tes?! Padahal semua temen saya tembus! Sekarang saya berjuang dapet PTN malah dibilang ngerjain lah, nyusahin lah! Haram kata-kata Anda woy! Guru bukan seh?!" yaaaah banyak orang sih di kantor guru, daripada disate rame-rame? hahaha
Besoknyaaaa..
Aku melangkah ke sekolah dengan perasaan deg-degan. Pas itu si ibu wakasek lagi rapat paket C, katanya pulangnya agak siang. Ya udah aku jalan2 dulu. Siangnya pas aku ke sekolah, si ibuk udah dateng. Beliau bilang ke tempat kepsek dulu minta tanda tangan sama cap. Sebenernya aku sante aja ke tempat kepsek, soalnya dulu beberapa kali ngadep. Tapi bukan karena aku nakal lho! Kepseknya juga kebetulan bude-nya temen deketku. Nah, kepseknya juga santai aja tu sama aku. Nggak pake marah2 *walo mukanya datar abis. Abis ditanda tangani sama di-cap, aku ngadep si ibu wakasek itu.
ini dia percakapannya.. A=aku, WK=wakasek kesiswaan
A : Bu, suratnya gimana?
WK : Belum saya urus
A : (kamp123t!) Bu, tapi besok saya sudah harus ke Tembalang, Bu. Jam 2 udah tutup
WK : Lho di keterangannya kan tertulis kalo hari Jumat. Jumat sebelum pukul 24.00 kan namanya tetep hari Jumat!
A : Saya juga tau, Bu. Tapi ibu saya nelpon ke Undip katanya cuma bisa sampe jam 2, Bu
WK : Mana mungkin! Biar sholat jumat juga saya nggak percaya!
A : (diem, dalam hati misuh2 nggak keruan!)
WK : Saya nggak bisa janjiin besok jam 11 suratnya bisa selesai! Kamu jangan nyuruh saya cepat-cepat kayak gini donk! Besok pagi rapotan, memangnya saya cuma ngurusin kamu?! Apa pentingnya kamu daripada anak-anak yang besok rapotan?!!
A : (dieeeem aja, tapi aku bener2 mau nangis! emosi, malu diliatin orang2)
WK : Saya bisa bantu, tapi nggak bisa cepet-cepet! Kamu ngerti?!
A : Iya buk (j4nc00k!)
WK : Ya sudah besok kamu ke sekolah lagi (njok masuk ruang kerjanya)
abis dari situ aku langsung ke aula & nangis! Edan bener ini orang ya! Orang minta tolong dibilang nyusahin. Ikhlas nggak sih jadi guru? ckckck.. sampe aku keluarin sumpah serapah segala. Kepsek aja nggak repot, eh si ibuk wakasek repot amat.

Besoknyaaaaa..
Aku ke sekolah lagi & itu lagi rapotan. Pertamanya aku ke TU mo ambil ijazah, SKHUN, sama rapot yang di legalisasi. Pas lagi nunggu berkasku diambilin, si ibu wakasek nongol. Trus aku liat beliau ngacir ke ruang kerjanya. Aku pura2 nggak tau aja. Agak lama gitu, beliau dateng & ngasih surat2 dari sekolah. Aku bilang makasih,si ibuk bilang "Ya" trus ngacir lagi. Kayaknya ada tamu gitu. HAHAHAHA.. aku lega banget bisa kelar ni urusan sama sekolahan. setelah airmata!
Abis itu aku ke bandara jemput ibuk. Habis dari bandara, langsung deh ke Undip. Untung masih buka. Udah agak sore gitu. Petugasnya ramah pula. hehehe.
Dan sekali lagi, airmata dan emosiku terbayar lunas. Aku keterima di psikologi Undip. Tapi sayang, hatiku udah terpaut sama sastra Indonesia UGM. Maaf ya, Undip.. tapi gapapa, pengalaman memperjuangkan keinginan ini sangat menguatkanku!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar