Senin, 22 Agustus 2011

Cita-Citaku...

Setiap orang pasti punya cita-cita. Anak kecil aja kalo ditanya "Cita-citanya apa, sayang?" pasti udah punya jawaban "dokter!" "insinyur!" "presiden!" "pilot!" "astronot!" yaaa walau kita nggak tau gedenya dia beneran jadi itu apa nggak. Yang jelas, punya cita-cita sejak kecil itu udah bagus! Kata orang bijak, punya cita-cita sejak dini tu kayak udah mikir mau bangun rumah kayak apa.
Seiring berjalan waktu, cita-cita bisa berubah. Kalo tadinya pengen jadi presiden, sekarang pengen jadi konglomerat. Atau tadinya mau jadi perawat sekarang pengen jadi dokter bedah. Yoyoy, cita-cita bisa banget berubah kayak grafik saham *opotoh?!
Naaah.. boleh donk share tentang cita-citaku dari kecil?? Siapa tau jadi inspirasi. Wkwkwk..

1. SUSTER! (Suster = Biarawati)
Cita-cita ini klasik banget buat anak-anak kecil Katolik. Hampir semua temen-temenku yang Katolik ngaku kalo pertamanya pengen jadi suster/pastor. Kenapa aku pengen jadi suster? Karena pas itu aku ngeliat suster tu keren. Wanita bisa bagiin komuni. Pakaiannya juga keren menurutku (pas itu loooh), pake rok terusan sama kerudung kayak Bunda Maria. Trus suster itu bisa jalan-jalan! Gratis pula! Hehehe.. tapi cita-cita itu padam setelah aku tau kalo suster nggak boleh nikah. Pfffs..

2. DOKTER GIGI ~
Dulu pas aku TK besar, gigiku sering banget bermasalah. Ompong lah, griwing lah (gigi yang item itu), goyang lah.. tapi untung ga dibehel (weird banget lah anak TK udah pake behel! hehehe). Naaah.. gara-gara sering ke dokter gigi itu, aku jadi kagum sama seorang dokter gigi. Pengen bisa jadi dokter gigi biar bisa nyembuhin sakit gigi (sooo classic reason). Tapi cita-citaku ini nggak aku terusin setelah suatu siang di ruang tunggu dokter gigi. Pas itu aku udah kelas 1 SD dan liat ada poster berbagai macem penyakit gigi. Pas aku tanya ibuku apa aku bakal ngadepin gigi yang kayak gitu, ibuku bilang iya. Waaaaah.. aku tobat! Aku takut liat gigi yang parah kayak gitu. Ntar bukannya ngobatin, aku malah ngacir sambil nangis!

3. PRAMUGARI ~
Cita-cita ini muncul setelah sekian kali aku naik pesawat. Pas itu lagi naik Sempati ke Jogja (Sempati udah ga ada sekarang..). Aku yang gampang banget jatuh cinta itu langsung kesemsem sama pramugari pesawat itu. Cantik, seragamnya bagus, ramah, baik lagi. Aaaah pas itu aku pikir itu cita-cita paling ideal deh. Mana bisa jalan-jalan gratis tapi dibayar pula! Wow banget itu!
Naaah.. keinginan itu ilang abis aku liat berita kecelakaan pesawat (aku lupa pesawat apa) dan pesawatnya itu terbakar. Yang mati duluan pramugarinya cobak. Walah! Syok abis aku! Ckckck.. lagian ibukku bilang jadi pramugari harus must selalu always untuk tepat waktu! Dan harus siap dandan dalam waktu yang singkat banget kalo ada panggilan darurat. Walaaah.. aku tu kalo dandan ngalah2in Lady Gaga e.. hehehe

4. GURU IPS SD KELAS 4 SAMPE KELAS 6
Sejak punya cita-cita ini, aku mulai membangun cita-cita yang lebih spesifik. Tuh, judulnya aja udah spesifik, hehehe.. Kenapa pengen jadi guru IPS? Karena pas itu aku sukaaaaa banget pelajaran IPS. Guru IPSku kelas 4 yang namanya Pak Bambang juga orangnya enak banget buat ngajar, jadinya aku suka. Kelas 5 diajar IPS sama Pak Noor, cita-citaku juga belom berubah walau sedikit nyabang. Kelas 6 ketemu Pak Bambang lagi, wah jadi makin mantep buat jadi guru IPS. Sampe aku stabiloin PTN yang ada jurusan pendidikan guru IPS, stabiloinnya di Buku Pintar pula!
Aku milih kelas 4 sampe 6 soalnya pelajaran IPS kelas 3 nggak ngenakin! Hahaha.. tapi cita-citaku ini kalah sama cita-cita yang aku temuin dari 'berselingkuh' sama pelajaran lain. Wkwkwk

5. PENULIS / JURNALIS / SASTRAWATI :D
Kelas 5 cita-citaku nyabang pengen jadi orang yang berkecimpung di dunia tulis-menulis. Mungkin ini jadi bakatku karena aku suka banget nulis sejak ikut lomba sinopsis novel. Walau kalah, tapi aku jadiin pelajaran buat ke depannya. Pokoknya aku pengen jadi penulis kayak Ayu Utami! Jadi jurnalis juga boleh. Aku seneng liat reporter turun ke lapangan & nyiarin berita ke pemirsa. Berbakti banget lah! Dan cita-cita jadi sastrawati muncul abis aku suka nulis cerita, ikut-ikut lomba menulis, dan aku nemu kata 'baru' pas lagi ulangan bahasa Indonesia. Biasanya guruku nulis "Ulangan Harian Bahasa Indonesia" tapi kali ini beliau nulis "Ulangan Harian Bahasa dan SASTRA Indonesia". Penasaran sama arti kata 'sastra', aku nanya ke ortu dan ortuku bilang kalo sastra itu lebih dari ngerti bahasa, tapi juga tata bahasa dan asal usul bahasa. Naaaah.. sekarang aku punya jalan untuk belajar sastra dengan masuk sastra Indonesia. Yoo-hoo!

6. INTEL!!
Intel bukan intel inside yang ada di CPU loh. Intel yang aku maksud ini intel = intelijen = mata-mata. Cita-citaku ini muncul habis aku nonton Miss Congeniality di tempat les bahasa inggrisku. Pas itu aku kelas 7 (satu SMP). Ngeliat kerennya seorang intel cewek nyamar, aku langsung tersepona. Nggak cuma pinter nyamar. Bela diri, pinter ngomong, dan IT juga! Udah gitu intel punya tugas mata-mata yang bukan pekerjaan biasa. Bocorkan rahasia atau mati. It's so wow! Memacu adrenalin banget! Belakangan ini cita-cita jadi intel muncul lagi habis aku nonton Salt dan browsing kalo ternyata ada sekolah intelijen di Indonesia. Hmmm, let me think twice then! hahaha..

7. AHLI KIMIA & PENEMU SHAMPOO PENGERITING RAMBUT & PEMENDEK RAMBUT
Ini adalah cita-cita paling pendek umurnya. Aku pengen bisa jadi penemu shampoo pengeriting & pemendek rambut soalnya pas itu banyaaaak banget iklan pelurus rambut & pemanjang rambut. Terus gimana kalo ada yang pengen rambutnya keriting?? Ke salon? Aih..
Makanya aku pengen jadi penemu shampoo itu. Revolusioner lah. Hehehe.. karena itu aku pengen masuk STM di Bontang dan ambil jurusan kimia analis. Tapi bapakku bilang kalo sekolah di STM aja nggak cukup. Harus SMA masuk IPA & kuliah ambil teknik kimia. Tapi ya itu tadi. Cita-citaku nggak bertahan lama karena kimia itu malesin ternyata. Tak kira everyday go to lab. Ternyata?!! aiiih.. batal sudah! Mending aku jadi sponsor yang biayain orang buat neliti & nemu shampoo itu. :p

8. AHLI EKONOMI / MENTERI KEUANGAN
Cita-cita ini bertahan satu setengah tahun, tepatnya dari kelas sepuluh sampe pertengahan kelas sebelas. Kenapa pengen jadi orang yang berkecimpung di dunia ekonomi? Puallling pertama adalah karena aku (sekali lagi) terpesona sama guru ekonomiku yang namanya Bu Sinta. Beliau tu kalo ngajar udah kayak Sri Mulyani. Bersemangat & ngasih contoh kasus-kasus ekonomi yang nyata deh! Udah gitu teliti banget lagi beliau.
Aku pengen jadi menteri keuangan karena pas itu aku punya ide buat semrawutnya perekonomian Indonesia. Tapi karena aku sakit agak parah pas itu, idenya jadi ilang deh. Trus aku nggak mau lagi jadi menteri ekonomi / ahli ekonomi soalnya.... menteri identik dengan presiden, presiden identik dengan politik, politik adalah hal terhitam ketiga setelah dosa dan hukum (kata bapak). Jadiii.. cita-cita saya dekat dengan 'hitam2' itu. Werrr.. ojo gawe dosa lah. Peace!

9. PSIKOLOG & GURU BK SMA K#@$E J%^N D+ B@#^&O
Cita-cita ini umurnya sama kayak cita-citaku sebelumnya. Kok mencongnya jauh amat?? Ada kisahnya..
Jadi pas itu aku sering cerita2 sama temenku anak SMA itu (yang jadi judul & banyak sensornya). Katanya adek2 kelasnya pada nakal, nggaya, dll dsb. Dari situ aku tergerak buat 'merbaiki' mereka-mereka yang nakal itu. Gimana caranya? Ya jadi pembimbing mereka. Selain jadi pembimbing mereka, aku fleksibel aja bisa membimbing yang lain. Nggak harus ndomblong di meja guru & dateng ke kelas kalo ada jadwal doank. Aku seneng aja jadi orang yang bisa dipercaya ngatasi masalah & jaga rahasia.
Ya hasilnya aku lolos masuk jurusan psikologi di dua perguruan tinggi. Tapi nggak aku ambil karena lebih naksir sama sastra Indonesia. Damai damai!

10. DOSEN SASTRA INDONESIA :DD
Nggak jauh dari cita-citaku pas kelas 5 SD, yaitu jadi orang yang berkecimpung di dunia sastra. Tapi kali ini aku pengen jadi pengajar. Passion-ku buat mencerdaskan anak bangsa keluar sejak aku berhasil masuk jurusan sastra Indonesia. Aku nggak pengen tanggung-tanggung aja. Kalo mau jadi pengajar, sekalian jadi dosen. Lagian aku pernah denger kalo dosen sastra Indonesia udah ada yang bule! Walah.. masa kalah sama bule? Dan aku prihatin aja sama anak-anak Indonesia sekarang yang udah nggak tau EYD. Nama orang ditulis pake huruf kecil, nulis judul proposal nggak beraturan, dan kurang tertarik sama karya sastra negeri sendiri.
Dengan jadi dosen, aku toh nggak terpaku buat ngasih kuliah terus. Aku bisa nulis, seminar kesana-sini, ngajar bule yang tertarik sama sastra Indonesia, daaaan... ngetes mahasiswa yang mau wisuda! hahahay!
Dan alasan ekonomiku pengen jadi dosen adalah, gajinya (ehm). Yah, gaji dosen itu 'kan lumayan (katanya). Selain passion-ku buat mengajar, aku harus punya penghasilan lebih buat nyekolahin adik-adikku. Makanya aku nggak pernah setengah-setengah soal cita-cita. Dan sekali aku bercita-cita, aku menggantungkannya setinggi mungkin :)

11. ZIARAH!
Mungkin ini bukan cita-cita yang 'real', tpai inilah cita-citaku. Bukan suatu kewajiban buat orang Katolik sih, tapi alangkah baiknya 'kan kalo bisa ziarah? Pas naik kelas 12 aku ditawari ziarah. Tapi aku nolak karena batinku belom siap buat ke tanah suci. Dan sekarang batinku mulai tergerak buat ziarah. Paspor uda di tangan, ortu juga setuju. Tapi nggak tau kapan aku bisa ziarah. Tempat yang pengen banget aku kunjungi itu tempat2 sepanjang kisah sengsara Yesus. Dari bukit zaitun sampe kuburanNya. Katanya banyak kejadian-kejadian amazing yang dirasakan peziarah di tempat-tempat itu. Dan dengan mengikuti jalan sengsara itu, kita bener2 bisa meresapi jalan sengsara Tuhan menuju kemenangan!
Oiya, aku juga pengen bisa paskahan di Larantuka. Disitu ntar bisa berdoa di depan Tuan Ma, patung Bunda Maria yang dianggap suci banget sama warga setempat. Abis liat film peringatan 500 tahun Tuan Ma di Larantuka, aku bener-bener tergerak buat pergi ke situ dan ngerasain sendiri atmosfir paskahan disitu yang (katanya) luar biasa! Doain ya! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar