Kamis, 29 September 2011

Penyakit Senior

Tanpa bermaksud menyindir siapapun, aku memberanikan diri menulis artikel ini. Kalau ada yang tersindir, ya lebih baik jangan marah. Karena 'penyakit' ini tidak cuma Anda yang terjangkit. Penyakit senior yang dimaksud disini itu seperti ini: murid tahun pertama naik ke tahun kedua, trus jadi nggaya sama adek kelasnya. Menurutku ini lagi musim karena pas aku main ke asramaku yang dulu, aku dapet laporan dari adek-adekku yang kelas 12 kalo anak-anak kelas 11 jadi sok nggaya sama anak kelas 10. Aku sendiri nggak tau sindrom ini namanya apa, tapi aku punya sebutan yaitu Sindrom Senior.

Sebagai orang yang pernah bersekolah dan selalu naik kelas, aku pernah merasa seperti itu juga, apalagi pas kelas 11. Kelas 11 adalah masa yang paling indah, karena kelas 11 ada di tengah-tengah kelas 10 sama 12. Kalo ada kakak kelas nggak suka sama anak kelas 10, pasti kelas 11 nyerang bareng itu anak. Dan saat di asrama itu, kakak-kakak kelasku yang kelas 12 ga begitu ngurusin banget ada anak kelas 10 yang nyebelin. Bisa sedikit gaya-gayaan nyindir juga. Hehehe...

Karena populasi angkatanku paling banyak di asrama, kemungkinan ada temenku yang terkena Sindrom Senior akut ini juga besar (dan memang ada). Setitik aja ada kesalahan adek kelas, marahnya luar biasa. Atau yang lebih ekstrim lagi, yang menganut peribahasa karena nilai setitik rusak susu sebelanga; yang salah satu orang, yang kena satu angkatan.

Mau teriak kencang-kencang kalo senioritas harus dihapuskan juga rasanya percuma. Mau sumpah kalo kakak kelas nggak akan minta-minta dihormati juga mana bisaaa. Memang sekarang aku adek kelas, tapi aku pernah merasakan masa-masa edan jadi kakak kelas. Temenku ada yang janji nggak akan ngomong nyenthe sama adek kelas, tapi toh dia nelan omongannya sendiri. Walau frekuensi status nyindir-nyindir adek kelas lebih sering daripada nyemprot langsung di depan idung si adek kelas.

Terus harus gimana jadi kakak kelas yang baik donk? Aku sih nyontoh kata salah seorang kakak kelasku yang sempet nasihatin aku begitu aku naik kelas 11. Katanya, jadi kakak kelas itu panutan buat adeknya, nggak sekedar nyindir sana-sini atau lempar tatapan sinis sama adek yang kurang disukai. Bayangin aja, di asrama semuanya anak rantau dengan kultur yang berbeda-beda. Mana bisa dia dipaksa sehari udah mengenal budaya di asrama & dia pun nggak akan siap kalo belom-belom udah dapet cap nggak sopan dari kakak kelas.

Lebih lanjut, kakak asramaku itu bilang kita ini keluarga, ciptakanlah suasana yang ramah dan bersahabat. Jangan menilai orang yang baru masuk ke keluarga dengan penilaian si ini jelek, si ini nyenthe, si ini nggak sopan. Hey, for what? Manusia butuh waktu untuk adaptasi. Kalo sebagai kakak kelas cuma bisa ngelabrak dan nyindir-nyindir, trus si adek belajar supaya jadi apa yang diharapkan lingkungan dari mana? Terus kalo ada adek yang keluar gara-gara kakaknya kebangetan, itu bukan salah dia yang lemah dan nggak bisa adaptasi. Tapi tekanan-tekanan yang dia dapet itu sangat luar biasa. Kakak kelas bukan dewa yang selalu benar, dan adek kelas bukan kerbau yang manut-manut aja. Kalo sampe ada yang mundur karena nggak kuat, ini saatnya si kakak kelas yang interospeksi. Apakah dia kurang perhatian ke adeknya sampe-sampe nggak bisa nolong, atau si kakak terlalu menggunakan kekuatan seniornya sehingga si adek merasa tertekan sekali?

Dari aku sendiri, memang aku pernah melabrak & ikut menyidang seorang adek kelas. Tapi langkah ekstrim itu aku usulkan karena banyak sekali yang mengeluh tentang kelakuan si adek itu yang membahayakan asrama. Kesalahan dia fatal banget, sampe suster kepala asrama mau ngeluarin dia kalo nggak bisa dikasihtau. Ikut menyindir iya, karena si adek dikasih contoh yang baik itu nggak bisa menerima (kram otak kayaknya dia). Sampe dia bener-bener membahayakan asrama, baru deh disidang.

Jujur, aku tidak suka kalau ada adek kelas yang mengecu lalu disindir habis-habisan, dan seangkatan yang kena juga. Semua orang pasti pernah kecu. Kecuali orang itu nggak pernah sekalipun kecu, silakan marah-marah di depan umum. Terus, kenapa seangkatan juga kena? Itupun seangkatan kena imbasnya sebelum si kakak bicara empat mata sama si adek kelas. Kenapa tidak coba dibicarakan sama tersangka utama dulu, baru nasihatin seangkatan. Kalo keadaannya terbalik kayak gitu, yang lain juga bertanya-tanya dan jadi takut, bukan hormat.

Maaf kalau tulisannya agak frontal, tapi tulisan ini aku buat bukan mentah-mentah berdasarkan perasaan hatiku sendiri. Tapi maaf sekali, aku pernah tinggal di asrama (ya, asrama, satu atap sama orang macem2 karakter) dan masalah seperti ini udah berkali-kali aku hadapi selama tiga tahun. Aku hanya ingin memberi pandangan bahwa kakak kelas itu tidak selalu benar, dan adek kelas bukan orang bodoh yang cuma bisa manut.

Buat adek-adek kelasku yang mungkin kesasar dan masuk ke blogku ini, aku cuma berpesan kalo aku memang bukan kakak kelas yang sempurna. Aku hanya berusaha menjadi orang yang diharapkan kakak-kakak kelasku dulu untuk menjadi kakak yang baik untuk kalian. Jika memang aku nggak sempurna, tugas kalianlah untuk menyempurnakan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar